//
you're reading...
Inspirasi

Never Compromise on Character

Never Compromise on Character
Tulisan ini rangkuman dari acara @Motivatalk di @SindoTV Kamis, 22 November 2012 oleh @ReneCC yang dipandu oleh host @JengFeni

Apa itu karakter? wah sudah panjang lebar penjelasannya ada di mbah Gugel, silahkan berselancar ya..🙂
Dengan bahasa saya yang agak berbeda, namun intinya sama, yang akan saya tulis disini adalah point-point yang menurut saya menarik :

  • Karakter itu tidak bisa dikendalikan, itu terbentuk sendiri. Yang bisa kita kendalikan adalah di level kebiasaan yang akan membentuk perilaku. Jadi urutan hirarkinya:

    KEBIASAAN –> PERILAKU –> KARAKTER

Ada beberapa saran @ReneCC untuk membentuk karakter:

  • Pilih benar-benar lingkungan / inner circle kamu. Karena mereka mempengaruhi masa depan kamu. Inner circle kamu yaitu 7 – 25 orang yang kamu percayai dan kamu dipercaya.
  • Lakukan kebiasaan yang baru minimal selama 21 hari, maka itu akan membentuk perilaku dan kemudian karaktermu.

Ada pemirsa yang bertanya : “Bagaimana caranya menyesuaikan karakter kita dengan karakter perusahaan tempat kita bekerja ?

jawaban :

  • Memilih pekerjaan / tempat kerja juga harus yang sesuai dengan karakter kita. Bisa dibayangkan jika bekerja ditempat yang bukan karakter kita dan kita terpaksa menjalani menjadi karakter yang lain. Bisa berdarah – darah dalam menjalani karir.
  • Jika kita terpaksa bekerja di perusahaan / organisasi yang bukan seperti karakter kita, dan kita akan mulai berkompromi mengikuti karakter yang katrok itu, maka pelan – pelan karakter kita akan berubah menjadi katrok juga.
  • Bekerja untuk berdaya. Kita harus memilih untuk berdaya. Berdaya punya karakter dan percayalah dengan usaha yang maksimal, Tuhan pasti membantu memilihkan lingkungan pekerjaan yang cocok dengan kita

Coretanku:
Jadi kesimpulannya jelas: Jangan pernah berkompromi dengan karakter. Dilingkungan manapun yang tidak sesuai dengan karakter kita, sebisamungkin tinggalkan. Bekerja di perusahaan yang ternyata tidak sesuai karakter kita, sarannya: cari perusahaan lain, yang sejalan dengan karakter kita. Saran yang mudah, tapi sulit untuk dilakukan, tapi ya sekali lagi, jika ingin berkembang dan terus berkembang menjadi pribadi yang sukses :

Never Compromise on Character

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: